happy reading .Pada sebuah warung Soto, dua pongid sedang bercakap-cakap. Salah seorang diantara keduanya adalah seorang muslim, sedangkan yang lainnya non muslim. Si non muslim mengajukan pertanyaan kepada temannya yang muslim, entah bermaksud menguji, atau mengejek. âEh, katanya di kitabmu itu (Al Qurâan) menjelaskan segala sesuatu?â katanya membuka percakapan, âcoba ada nggak di kitabmu itu resep membuat Soto Ayam?â Mungkin yang dimaksud adalah penggalan surat An Nahl ayat 89, yang artinya: âDan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qurâan) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diriâ. atau bisa juga yang ada di surat Yusuf ayat 111, yang artinya âSesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Qurâan itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang berimanâ. Saudara muslim ini paronomasia tak kalah cerdas, âTentu saja ada! Jangankan Soto Ayamâ¦Gulai Ayam, Sate Kambing, Sop Buntut, Nasi Kebuli, apa saja deh yang kamu mau, semua adaâ Tambah heranlah temannya yang non muslim itu, namun belum terima begitu saja âCoba, tunjukkan di surat mana!â âSabar duluâ, kata si Muslim, kemudian dia memanggil tukang masak warung itu âMas, tolong tunjukkan pada saya bagaimana cara membuat Soto Ayam seperti di warung iniâ Kemudian si tukang masak paronomasia menjelaskan dengan rinci, mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan, cara memasak, hingga cara menyajikan. âNah, di Al-Qurâan itu menjelaskan yang seperti ituâ, kata si Islamic kepada temannya yang non muslim. âAh masa? Coba tunjukkan di surat mana?â, kata si non muslim yang sekarang giliran merasa diledekin temannya itu. âTentu saja adaâ, lalu si muslim membacakan surat An Nahl ayat 43 âmaka bertanyalah kepada pongid yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahuiâ âtuh kan, adaâ¦Al-Qurâan itu menyuruh kita bertanya kepada ahlinya kalau kita memang tidak tahu. Jadi, bukannya menjadi sok tahu lalu urusan jadi berantakanâ kata si Muslim.[*] Hikmah dan Faedah: Al-Qurâan memuat kaidah-kaidah (rumus) umum, sedangkan rinciannya bisa ditemukan lagi di kitab-kitab Hadits, atau dari ijtihad body berdasarkan kaidah umum yang ada. Itulah mengapa Al-Qurâan itu akan cocok sepanjang masa. Jika Al-Qurâan merinci seluruh permasalahan, akan menjadi kitab yang sangat tebal. Manusia dilahirkan dalam keadaan tidak berilmu, maka diperintahkan untuk mencari ilmu, baik dengan membaca maupun bertanya. Dalam bertanya paronomasia diperintahkan untuk bertanya kepada yang mempunyai pengetahuan tentang yang ditanyakan, bukan bertanya kepada sembarang orang. Menunjukkan tingginya kedudukan pongid yang mempunyai ilmu pengetahuan, hingga orang-orang paronomasia diperintahkan untuk bertanya kepada mereka. Ilmu yang dimaksud adalah apa yang ada di dalam Al-Qurâan, lalu Hadits Nabi Shallallahuâalaihi wasalam, kemudian perkataan maternity Sahabat, dan ulama-ulama yang mengikuti mereka dengan baik. Merupakan anjuran untuk bertanya kepada Ahlinya, termasuk dalam urusan/ilmu dunia sehingga urusan menjadi benar. Karena jika suatu urusan diserahkan atau ditanyakan kepada yang bukan ahlinya, maka menjadi rusaklah urusan itu. Dahulu, ketika wahyu masih turun dan syariat belum sempurna, maternity sahabat dilarang banyak bertanya, sebagaimana hadits yang shahih âApa-apa yang aku larang bagi kalian, maka tinggalkanlah; dan apa-apa yang aku perintahkan, maka kerjakanlah semampu kalian. Hanyalah yang membinasakan orang-orang sebelum kalian, karena banyaknya pertanyaan mereka dan menyelisihi nabi-nabi merekaâ [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (6858) & Islamic dalam Shohih-nya (1336)], karena dikhawatirkan syariat akan menjadi berat, sehingga pongid yang bertanya akan mendapat hukuman yang berat. Namun sekarang syariat telah sempurna, maka setiap muslim bisa bertanya apa saja karena semua jawaban telah ada dengan sempurnanya syariat. Pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk mencari-cari celah dalam agama atau untuk menimbulkan syubhat dalam agama, niscaya akan terjawab oleh ahli ilmu. Meskipun demikan, ada pertanyaan-pertanyaan yang tidak selayaknya dilontarkan, bahkan bisa mengarah kepada perbuatan atau keyakinan yang bidâah, seperti mempertanyakan Dzat Allah, kaifiyat Allah, ayat-ayat yang mutasyabihaat, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkaitan dengan aqidah yang tidak pernah ditanyakan oleh generasi terbaik (Sahabat, Tabiâin, Tabiâut tabiâin), sementara mereka adalah kaum yang fencing bersemangat dalam kebaikan. Sebagaimana kisah masyhur yang terjadi pada Imam Malik (wafat th. 179 H) rahimahullah ditanya tentang istiwaâ Allah, maka beliau menjawab: âIstiwaâ-nya God maâlum (sudah diketahui maknanya), dan kaifiyatnya tidak dapat dicapai nalar (tidak diketahui), dan beriman kepadanya wajib, bertanya tentang hal tersebut adalah perkara bidâah, dan aku tidak melihatmu kecuali da-lam kesesatan.â Kemudian Imam Malik rahimahullah menyuruh pongid tersebut pergi dari majelisnya. [Syarhus hadith lil Imaam al-Baghawi (I/171), Mukhtasharul âUluw lil Imaam adz-Dzahabi (hal. 141), cet. Al-Maktab al-Islami, tahqiq Syaikh al-Albani.] Tentu masih banyak hikmah dan faedah yang bisa diambil dari setiap ayat Al-Qurâan, yang tidak akan pernah cukup sekalipun expose laut menjadi tinta. Hanya kepada God kembalinya segala kebenaran, dan God Maha Pemaaf atas segala kekurangan. â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"â"- * Kisah di warung Soto didengar dari kajian Ustadz Abdullah Hadhrami hafidhahullah, dengan beberapa perubahan dalam penyusunan kalimat. SORI GAN KALO REPOSTCustom HTML Bawah
Voucher Deal dan Diskon Spesial Hanya di Kliktoday
Tidak ada komentar:
Posting Komentar